Favour Honey

Favour Honey adalah madu yang dihasilkan oleh peternak lebah di Indonesia

Salah satu alasan  mengapa kami memulai untuk menjadi peternak lebah dan mempelajari budidaya lebah dan mempelajari cara untuk mengumpulkan madu adalah karena kami suka mengkonsumsi madu dan sulitnya untuk mendapatkan madu asli di area kami.

Kami pun sangat peduli terhadap lebah madu karena jika lebah menghilang dari bumi,  manusia hanya punya waktu 4 tahun untuk bertahan hidup seperti yang dikatakan oleh Albert Einstein

“If  the bee dissapeared off the face of the Earth, man would only  have  four years left to live” – Albert Einstein

Lebah madu mempunyai peranan terhadap 80% dari semua penyerbukan di seluruh dunia. Satu koloni lebah dapat membantu penyerbukan dari 300 juta bunga setiap harinya. Biji-bijian     penyerbukannya terutama dibantu oleh angin, tetapi buah-buahan , kacang-kacangan dan sayuran penyerbukannya dibantu oleh lebah.Tujuh puluh  dari 100 tanaman pangan utama yang mensupply kurang lebih 90 % dari kesseluruhan nutrisi  penyerbukannya dibantu oleh lebah.

Lebah yang kami budidaya kan adalah dari jenis yang menyengat maupun lebah tak bersengat (stingless bee). Kedua lebah ini mempunyai karakteristik yang sangat berbeda dan madu yang dihasilkan juga berbeda.

Untuk lebah bersengat kami membudidayakan lebah jenis Apis Mellifera yang mempunyai kecenderungan menghasilkan madu yang lebih banyak daripada jenis lebah lokal (Apis Cerana). Lokasi  dari koloni lebah kami di Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Sedangkan lebah tak bersengat yang kami budidaya kan saat ini diantaranya adalah Heterotrigona Itama dan Trigona Laeviceps. Lokasi dari lebah tak bersengat diantaranya di Bengkulu dan Sulawesi Selatan

Madu yang dihasilkan berbeda-beda tergantung dari musim bunga yang ada sepanjang tahun. Untuk madu yang dihasilkan lebah bersengat dari jenis Apis Mellifera diantaranya adalah :

  • Madu Multiflora (Wildflower Honey)
  • Madu Bunga Randu (Ceiba Blosso Honey)
  • Madu Bunga Karet (Hevea Blossom Honey)
  • Madu Kaliandra (Calliandra Honey)

Sedangkan madu yang dihasilkan lebah tak bersengat diantaranya :

  • Madu Hutan Trigona (Wild Forest Honey)

 

Favour Honey menyediakan madu yang dikumpulkan dari sarang lebah tanpa memfilter. Dengan begitu madu masih mengandung bee pollen yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang mempunyai banyak sekali manfaat.